Jumat, 13 Desember 2013

Pelatihan Masak Untuk Usaha di Balur Jaltim



Pelatihan Masak Untuk Usaha di Balur Jaltim
Bersama PPLK SYELDAH INDONESIA

Berkembangnya usaha kuliner yang begitu pesat tentu membuat setiap orang ingin mencari peluang usaha di bidang ini. Hal ini membuat sebagian orang yang belum mempunyai bekal ketrampilan di bidang kuliner dan patiseri ingin sekali belajar ataupun memperdalam pengetahuannya di bidang ini. Alasan ini pula yang menjadi dasar diadakannya acara Bektram Tata Boga Balurjaltim 2013 dan 2014.






Acara ini diadakan di Balur Jaltim yang merupakan singkatan dari Badan Penyalur Tenaga Kerja Angkatan Laut Wilayah Timur yang dimulai pada hari Selasa (02/12). Acara Bektram yang merupakan singkatan dari Pembekalan dan Ketrampilan ini sendiri berlangsung selama beberapa hari dengan tema yang berbeda setiap harinya. 


      Sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan professional di bidang kuliner, kali ini 


PPLK SYELDAH INDONESIA 
yang beralamatkan di Pasar Modern Puncak Permai Ruko No.101 Jl. Raya Darmo Permai III, Surabaya Telp/Fax : (031)99001004,(031)34248048,087877918936 

mendapatkan kepercayaan untuk memberikan pelatihan pembekalan dan ketrampilan tata boga di Balur Jaltim 2013 dan 2014. Acara pelatihan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari para ibu Jalasenastri, keluarga besar TNI Angkatan Laut, Armatim, Lantamal V Surabaya, AAL, Kobangdikal, Pus Penerbal, Marwil Tim serta UPT Mabesal. Materi pelatihan Bektram ini diajarkan oleh tenaga pengajar dari PPLK SYELDAH INDONESIA yang ahli di bidangnya masing-masing yaitu CHEF EKO  dan CHEF  ELISA serta dibantu oleh beberapa Assisten masak PPLK SYELDAH INDONESIA. 








          Acara Bektram yang rutin diadakan 2 kali setahun oleh Balur Jaltim ini mengingat Balur Jaltim mempunyai 3 fungsi yaitu sebagai Penyaluran, Pemukiman serta Pembekalan dan Ketrampilan (Bektram). Sedangkan tujuan diadakannya Bektram ini adalah untuk memberikan pembekalan dan ketrampilan kepada para anggota TNI AL yang menjelang purna atau pensiun agar nantinya setelah purna mereka bisa lebih mandiri dan bisa membuka usaha di bidang kuliner seperti membuka restoran, usaha catering dan lainnya. Adapun materi yang diajarkan ini merupakan materi yang dipilih oleh Letnan Kolonel Bambang Poernomo selaku Kepala Seksi Lapangan Pekerjaan (Kasi Lapja). Pemilihan materi yang diajarkan ini ditentukan berdasarkan tren kuliner yang ada di pasaran saat ini. 

      


    Beberapa materi yang diajarkan kali ini antara lain Bebek Presto Sambal Pencit, Bakso Halus dan Kasar, Ayam Tulang Lunak, Brownies Telo ungu, dan aneka minuman lemon squas  yang semua materi-materi ini dibagi selama beberapa hari. 

Keahlian dari para pengajar dalam memberikan materi memang tak perlu diragukan lagi, karena pengajar selalu berinteraksi dengan para peserta.
Seperti yang terlihat dalam pelatihan kali ini yang diajarkan cara membuat manggo spritzer.
PETRUS selaku pengajar F&B CONSULTAN PPLK SYELDAH INDONESIA tampak begitu semangat memberikan pengarahan kepada seluruh peserta BEKTRAM TATA BOGA 2013 dan 2014 cara membuat manggo spritzer. 


         






 Peserta yang terdiri dari 30 orang ini dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok ini akan mempraktikkan 4 macam masakan. Tak hanya sekedar memasak, pada awal pelatihan para peserta juga diajak untuk mempersiapkan semua bahan yang akan digunakan dalam praktik mulai dari menimbang, mengupas, memotong hingga membersihkan bahan. 





Setelah bahan siap, satu per satu resep kemudian dipraktikkan. Berbagai tips dan tanya jawab pun juga diberikan disela-sela praktik berlangsung. Para peserta yang kesulitan dalam praktik juga akan dibantu oleh beberapa Assisten masak PPLK SYELDAH INDONESIA  yang ikut membantu kelancaran jalannya pelatihan. Selesai dengan mempraktikkan semua materi yang diajarkan, maka chef Eko juga ikut memberi contoh cara menyajikan makanan yang benar dan menarik. Para peserta pun sangat antusias melihat penjelasan chef Eko. 













          Setelah makanan ditata sedemikian rupa, maka para peserta bisa langsung mencicipi makanan hasil praktik yang sudah disajikan. Para peserta Bektram TataBoga 2013 dan 2014 merasa puas dengan jalannya pelatihan ini. Karena selain materi yang diajarkan menarik, juga diajarkan oleh tenaga-tenaga yang ahli di bidangnya. Tidak hanya peserta saja yang puas dengan pelaksaaan Bektram kali ini, 

Letkol Bambang Poernomo
pun juga merasa sangat puas dengan pelatihan yang diajarkan oleh PPLK SYELDAH INDONESIA ditahun 2013 dan 2014 ini dibandinig pelatihan tata boga tahun lalu. Saya sangat senang dan puas dengan pelaksanaan Bektram 2013 dan 2014 kali ini, karena materi dan sistem pembelajarannya sangat pas untuk diterapkan di tempat kami. Saya harap tim PPLK SYELDAH INDONESIA bisa mengajar di tempat kami kembali 4 kali dalam setahun pada acara Bektram Tata Boga selanjutnya ujarnya di sela-sela melihat kegiatan Bektram Tata Boga 2013 dan 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar